Monday 25 July 2016

Alternatif Obat Jerawat Alami yang Jarang Diketahui


Jerawat adalah suatu keadaan ketika pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat disebut juga acne vulgaris.
Ada empat hal yang berhubungan dengan patofisiologis acne vulgaris, yaitu :
1.  Kenaikan eksresi dari sebum atau sebore. Hal ini mungkin disebabkan karena konversi dari hormon testosteron ke bentuk yang lebih aktif 5 alfa dihidrotes-tosteron.
2.      Hiperkeratinisasi dari saluran pilosebasea.
3.      Proliferasi dari kuman Propionibacterium acnes.
4.      Adanya peradangan yang disebabkan karena dihasilkannya faktor-faktor kemotaktik, protease dan aktivasi dari komplemen.
Empat faktor utama yang terlibat dalam pembentukan lesi jerawat yaitu peningkatan produksi sebum, peluruhan keratinosit, pertumbuhan bakteri, dan peradangan. Peningkatan aktivitas androgen pada masa pubertas memicu pertumbuhan kelenjar sebasea
dan produksi sebum
ditingkatkan. (Bergfeld, 2004 ; Dipiro dkk., 2009). Sebum terdiri dari gliserida, ester lilin, squalene, dan kolesterol. Gliserida diubah menjadi asam lemak bebas dan gliserol oleh lipase, yang merupakan produk dari Propionibacterium acnes. Asam lemak bebas dapat mengiritasi dinding folikel dan menyebabkan peningkatan pergantian sel dan peradangan (Dipiro dkk., 2009).
Terapi untuk penyakit kulit ini menggunakan berbagai obat anti jerawat yang pada dasarnya digunakan untuk mengurangi terjadinya inflamasi pada lesi jerawat dan juga mengurangi potensi infeksi akibat bakteri jerawat. Suatu alternatif terapi dengan obat berbahan dari alam juga sering digunakan, sebut saja menggunakan air perasan jeruk nipis yang langsung dioleskan pada bagian kulit berjerawat. Hal ini cukup beralasan karena air jeruk nipis diketahui mengandung senyawa antioksidan dan antiinflamasi. Salah satu hasil penelitian oleh Joo SS dkk dari Research Institute of Veterinary Medicine, Chungbuk National University menyebutkan ekstrak tumbuhan Selaginella involvens atau yang kita kenal sebagai tumbuhan paku, cukup efektif sebagai antiinflamasi pada lesi jerawat. Hal ini terbukti dari studi in vitro yang dilakukan yaitu efektif dalam menghambat model sel pada produksi nitric oxide (NO) dan eksresi sel IL-1 beta. IL-1 alpha dan IL-8 cytokin yang distimulasi dengan Propionibacterium acnes yang merupakan pemicu munculnya respon jerawat juga dihambat. Hasil ini cukup menggembirakan dan dapat menjadi rujukan terapi alternatif untuk jerawat dengan mengoleskan ekstrak dari tanaman tersebut pada lesi jerawat.
Biodiversitas menjelaskan Selaginella involvens tumbuh dinegara Indonesia dan negara-negara Malesia yang tersebar menjadi banyak spesies dibergabai pulau di Indonesia. Selaginella involvens dapat tumbuh diberbagai iklim dan tanah dengan keanekaragaman tertinggi di hutan huan tropis. Metabolit sekunder utama yang terkandung di dalamnya adalah biflavonoid. Selain itu juga alkaloid, steroid dan glongan tannin (Setyawan dan Darusman - Biodiversitas)

Sumber :
1.      Bergfeld, W.F, 2004, The Pathophysiology of Acne Vulgaris in Children and Adolescents, Part 1, Continuing Medical Education, Vol. 74, 92-97

1 comment:

  1. This is how my colleague Wesley Virgin's adventure starts in this SHOCKING AND CONTROVERSIAL video.

    Wesley was in the military-and shortly after leaving-he found hidden, "MIND CONTROL" tactics that the CIA and others used to obtain whatever they want.

    THESE are the exact same methods lots of famous people (especially those who "became famous out of nowhere") and elite business people used to become wealthy and successful.

    You've heard that you use only 10% of your brain.

    That's really because the majority of your brain's power is UNTAPPED.

    Maybe that conversation has even occurred INSIDE your own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head about 7 years ago, while driving an unlicensed, garbage bucket of a car without a driver's license and $3.20 in his pocket.

    "I'm so fed up with going through life paycheck to paycheck! When will I finally succeed?"

    You've been a part of those those thoughts, ain't it right?

    Your own success story is going to be written. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.

    WATCH WESLEY SPEAK NOW

    ReplyDelete