Thursday 4 August 2016

5 Tips Mudah Mendapatkan Gelar Sarjana Farmasi


Saya tidak perlu capek-capek menulis terlalu panjang tentang apa itu farmasi dan bagaimana kuliah di jurusan farmasi. Yang jelas jawabannya pasti susah karena hampir sebagian besar farmasi belaajar kimia, fisika dan biologi dari obat. Tentu banyak orang yang alergi mengenai 3 bidang tersebut. Namun dibalik semua kesulitan tetap ada cara untuk mempermudahnya. Disini saya akan berbagi tips bagaimana cara mudah bisa lulus tepat waktu dengan predikat yang memuaskan.

Tips 1 : Kenali diri anda
Hal ini cukup penting dalam menilai diri anda sendiri, termasuk kemampuan akademis anda. Jika anda berada di level 80 % maka anda bisa cukup tenang, namun jika anda berada dibawah itu anda harus berusaha lagi meningkatkan level kemampuan anda. Level disini yang saya maksudkan adalah kemampuan anda dalam mencerna pelajaran setidaknya anda bisa memahami, menjelaskan, dan mengulang kembali 80 % dari apa yang anda pelajari. Nilai ini sudah cukup sebagai bekal menjadi mahasiswa farmasi.

Tips 2 : Hargai waktu anda
Waktu adalah hal yang penting bagi anak farmasi. Waktu anda 50 % akan dihabiskan untuk praktikum dan mengerjakan laporan praktikum yang disertai dengan belajar pre/post test. Kadang banyak anaka farmasi berpikir mereka tidak sempat menghabiskan malam minggu untuk sekedar santai karena masih banyak tugas dan laporan yang harus diselesaikan. Namun tentu ada cara mengantisipasi supaya malam minggu anda bisa free. Tipsnya adalah anda kerjakan maraton saja laporan anda, setidaknya sampai BAB tinjauan pustaka, kan anda udah tau tuh percobaan apa saja pada saat briefing di awal, hehehe. Selanjutnya anda jangan sekali-sekali menunda-nunda pekerjaan. Setelah percobaan selesai, sebaiknya malam hari atau besok harinya anda sudah harus menyelesaikan laporan tersebut hingga kesimpulan dan daftar pustaka. Maka waktu anda tidak akan terbuang, dan anda masih bisa menikmati hidup sebagai mahasiswa farmasi.

Tips 3 : Anda harus cerdas (Tidak perlu pintar)
Cerdas dapat diartikan mampu memanipulasi keadaan sesuai dengan keinginan anda. Cerdas yang saya maksudkan adalah anda dapat mengerjakan tugas, laporan, ujian sebagaimana orang pintar. Tipsnya adalah anda harus mulai mencari teman yang memiliki kemampuan akademik yang cukup bagus (IpK cumlaude) dan coba belajar dari mereka. Coba membuat kelompok belajar kecil dimana disana ada yang bisa membiming anda menjawab soal. 

Tips 4 : Anda wajib supel
Mahasiswa farmasi terkenal kuper, mereka banyak praktikum dan temannya hanya mencit, tikus dan hewan percobaan lainnya, hehe bercanda. Pada dasarnya menjadi mahasiswa farmasi harus bisa bergaul dan membuka jejaring seluas mungkin. Ini sangat penting bagi anda untuk membuka potensi kemudahan dalam urusan akademis anda. Saya contohkan anda punya teman dari kelompok minat Komputer maka anda akan lebih mudah belajar ke arah komputer, misalnya ada tugas farmasi tentang kimia komputasi, program Office, program statistik dan SPSS, maka jejaring ini akan sangat membantu anda.

Tips 5 : Membangun hubungan emosional dengan dosen
Hal ini cukup jarang dipikirkan mahasiswa, karena mereka terlalu sibuk dengan komunitasnya tapi mereka tidak sadar bahwa dosen adalah salah satu faktor penentu kelulusan anda. Saya tidak mengajarkan anda menjadi seorang "penjilad" namun hubungan yang terjalin baik dengan dosen, maka secara personal dosen akan mengenal anda dan bisa saja nilai akademis anda baik karena adanya kedekatan tersebut (faktor attutude). Sehingga tidak salahnya kita dekat dengan dosen untuk sekedar berbincang, diskusi, curhat dan lainnya.

Diluar akademik yang bagus anda juga harus punya softskill yang lain seperti kemampuan komunikasi, komputer, manajerial, kewirausahaan dan kemampuan lain yang bisa anda ikuti dari organisasi. Semoga sukses.

1 comment:

  1. Water Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT

    More than 160,000 men and women are trying a easy and SECRET "water hack" to burn 2lbs each and every night while they sleep.

    It's simple and works with anybody.

    Here are the easy steps for this hack:

    1) Get a clear glass and fill it up with water half the way

    2) And now learn this weight losing hack

    and you'll be 2lbs lighter in the morning!

    ReplyDelete